Kinerja Pendapatan
- Pelaksanaan Pungutan
1. Intensifikasi
- Penyempurnaan Landasan Hukum Pungutan
- Penyesuaian Struktur Tarif Pajak
- Penyempurnaan Database Potensi Pendapatan Daerah
- Sosialisasi Kebijakan Bidang Pendapatan Daerah Pencairan Tunggakan
- Membuat Database dan Pemetaan Data (Road Map) Potensi Asli Daerah (PAD)
2. Ekstensifikasi
- Penggalian Wajib Pajak (WP)/ Wajib Retribusi (WR) Baru
- Perluasan Objek Pajak Baru
- Antisipasi Pungutan Pajak Baru
3. Revitalisasi BUMD untuk Peningkatan Kontribusi PAD
4. Optimalisasi Pemberdayaan Asset yang Diarahkan Pada Peningkatan PAD
2. Administrasi Pemungutan
- Penyempurnaan atas Regulasi Administrasi Pungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
- Penyusunan Software Sistem Akuntansi dan Pelaporan di Lingkungan Dinas Pendapatan Daerah
- Rekonsiliasi secara Periodik Antara BPPRD, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)
- Melakukan Pembinaan Teknis Pungutan Kepada UPTD
3. Koordinasi
- Melakukan Koordinasi dengan Pemerintah Pusat (Kemendagri, Kemenkeu, Kementrian ESDM, dan DPR RI)
- Melakukan Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lain
- Melakukan Koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota
- Melakukan Koordinasi dengan Polri dan PT. Jasa Raharja
4. Anggaran
- Penerapan Prinsip Anggaran Kinerja (Output, Input, Income, Benefit dan Impact)
- Perencanaan Anggaran Dianalisis pada Standar Analisis Biaya (SAB)
- Perencanaan Anggaran Secara Efektif, Efisien, dan Akuntabel
- Tertib Administrasi Anggaran
- Penerapan Pelaksanaan Anggaran sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP)
5. Pembinaan
- Mengoptimalkan Sistem Pengawasan Melekat (Waskat)
- Pembinaan Pelaksanaan Pungutan Secara Periodik
- Pembinaan Disiplin Kerja
- Pembinaan Etika dan Moral PNS
- Pembinaan Teknis Operasional kepada UPTD
Kinerja Pelayanan
- Organisasi dan Tata Kerja
- Penataan Organisasi dan Uraian Tugas
- Perumusan Tata Kerja dan Mekanisme Kerja
- Penyusunan SOP
- Penyusunan SPM
- Perumusan Typologi UPTD
- Sumber Daya Aparatur
- Melaksanakan “Capacity Building” di Berbagai Bidang Pendapatan dan Retribusi
- Tour of Duty & Tour of Area
- Mengembangkan Sistem Karir (Carier Planning)
- Menumbuhkembangkan Etos Kerja, Budaya Kerja, dan Kebanggaan Exprit de Corp
- Menerapkan Prinsip Reward and Punishment
- Peningkatan Kesejahteraan Pegawai
8. Sarana dan Fasilitas Pelayanan
- Pengembangan dan Pemeliharaan Fasilitas Perkantoran
- Pemenuhan Fasilitas Pelayanan (Lahan Parkir, Ruang Pelayanan, Ruang Arsip, dll)
- Pembentukan kantor Bersama/ Samsat Pembantu
- Pengembangan dan Pemeliharaan Sistem Informasi Pendapatan Daerah Berbasis TI
- Pelaksanaan Online Sistem Pajak se Kalimantan Utara
9. Pelayanan Khusus
- Pelayanan Gerai Samsat/ Samsat Outlet
- Layanan SMS
- Perintisan Samsat Mobile / Samsat Keliling
- E-Samsat/ Banking System