Program Kerja

Kinerja Pendapatan

  1. Pelaksanaan Pungutan

                1. Intensifikasi

  • Penyempurnaan Landasan Hukum Pungutan
  • Penyesuaian Struktur Tarif Pajak
  • Penyempurnaan Database Potensi Pendapatan Daerah
  • Sosialisasi Kebijakan Bidang Pendapatan Daerah Pencairan Tunggakan
  • Membuat Database dan Pemetaan Data (Road Map) Potensi Asli Daerah (PAD)

                 2. Ekstensifikasi

  • Penggalian Wajib Pajak (WP)/ Wajib Retribusi (WR) Baru
  • Perluasan Objek Pajak Baru
  • Antisipasi Pungutan Pajak Baru

                 3. Revitalisasi BUMD untuk Peningkatan Kontribusi PAD

                 4. Optimalisasi Pemberdayaan Asset yang Diarahkan Pada Peningkatan PAD

      2. Administrasi Pemungutan

  • Penyempurnaan atas Regulasi Administrasi Pungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
  • Penyusunan Software Sistem Akuntansi dan Pelaporan di Lingkungan Dinas Pendapatan Daerah
  • Rekonsiliasi secara Periodik Antara BPPRD, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)
  • Melakukan Pembinaan Teknis Pungutan Kepada UPTD

      3. Koordinasi

  • Melakukan Koordinasi dengan Pemerintah Pusat (Kemendagri, Kemenkeu, Kementrian ESDM, dan DPR RI)
  • Melakukan Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lain
  • Melakukan Koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota
  • Melakukan Koordinasi dengan Polri dan PT. Jasa Raharja

      4. Anggaran

  • Penerapan Prinsip Anggaran Kinerja (Output, Input, Income, Benefit dan Impact)
  • Perencanaan Anggaran Dianalisis pada Standar Analisis Biaya (SAB)
  • Perencanaan Anggaran Secara Efektif, Efisien, dan Akuntabel
  • Tertib Administrasi Anggaran
  • Penerapan Pelaksanaan Anggaran sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP)

      5. Pembinaan

  • Mengoptimalkan Sistem Pengawasan Melekat (Waskat)
  • Pembinaan Pelaksanaan Pungutan Secara Periodik
  • Pembinaan Disiplin Kerja
  • Pembinaan Etika dan Moral PNS
  • Pembinaan Teknis Operasional kepada UPTD

Kinerja Pelayanan

  1. Organisasi dan Tata Kerja
  2. Penataan Organisasi dan Uraian Tugas
  3. Perumusan Tata Kerja dan Mekanisme Kerja
  4. Penyusunan SOP
  5. Penyusunan SPM
  6. Perumusan Typologi UPTD
  7. Sumber Daya Aparatur
    1. Melaksanakan “Capacity Building” di Berbagai Bidang Pendapatan dan Retribusi
    2. Tour of Duty & Tour of Area
    3. Mengembangkan Sistem Karir  (Carier Planning)
    4. Menumbuhkembangkan Etos Kerja, Budaya Kerja, dan Kebanggaan Exprit de Corp
    5. Menerapkan Prinsip Reward and Punishment
    6. Peningkatan Kesejahteraan Pegawai

8. Sarana dan Fasilitas Pelayanan

  1. Pengembangan dan Pemeliharaan Fasilitas Perkantoran
  2. Pemenuhan Fasilitas Pelayanan (Lahan Parkir, Ruang Pelayanan, Ruang Arsip, dll)
  3. Pembentukan kantor Bersama/ Samsat Pembantu
  4. Pengembangan dan Pemeliharaan Sistem Informasi Pendapatan Daerah Berbasis TI
  5. Pelaksanaan Online Sistem Pajak se Kalimantan Utara

      9. Pelayanan Khusus

  1. Pelayanan Gerai Samsat/ Samsat Outlet
  2. Layanan SMS
  3. Perintisan Samsat Mobile / Samsat Keliling
  4. E-Samsat/ Banking System

Deprecated: wp_make_content_images_responsive is deprecated since version 5.5.0! Use wp_filter_content_tags() instead. in /home/bpprdsta/public_html/wp-includes/functions.php on line 5213