Tugas, Pokok dan Fungsi

Uraian berikut ditulis berdasarkan Peraturan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 6 Tahun 2017 tentang Uraian Tugas Jabatan Struktural di Lingkungan Badan Daerah


Kepala Badan

Tugas

  1. Mengkoordinasikan penyusunan rencana program Badan dengan mengarahkan dan memberi petunjuk untuk menyusun rencana kerja.
  2. Menyusun rencana strategis Badan berdasarkan rencana strategis Pemerintah Provinsi melalui usulan program, permasalahan dan skala prioritas untuk kejelasan arah penyusunan rencana kerja.
  3. Mengkoordinasikan dan menetapkan rencana kerja Badan dengan mengarahkan dan memberi petunjuk untuk ketepatan pencapaian sasaran program.
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Badan berdasarkan program untuk sinkronisasi tugas.
  5. Mendistribusikan tugas kepada Sekretariat, Bidang-bidang dan UPTD sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya agara kegiatan berjalan sesuai dengan program kerja masing-masing.
  6. Menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya untuk tertib administrasi.
  7. Mengkoordinasikan kegiatan perencanaan, pembinaan dan pengendalian kebijakan teknis di bidang Pendapatan dan menetapkan standar pelayanan minimal UPTD berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas.
  8. Melakukan kerjasama di bidang pendapatan daerah dengan instansi terkait, Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal serta Pihak Ketiga berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk sinkronisasi program.
  9. Memfasilitasi kegiatan bidang Pendapatan Daerah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan kegiatan agar penanganan permasalahan tepat sasaran.
  10. Melakukan monitoring dan evaluasi bidang Pendapatan Daerah di Kabupaten/Kota berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mengetahuo tingkat pencapaian program.
  11. Melakukan pembinaan kelompopk jabatan fungsional sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya untuk optimalisasi tugas dan sinkronisasi kegiatan.
  12. Melakukan pengawasan dan penilaian kepada pegawai dengan cara memberikan pengarahan dan pembinaan sesuai dengan peraturan/pedoman dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai.
  13. Mengevaluasi pelaksanaan program Sekretariat, Bidang, dan UPTD berdasarkan realisasi tingkat penapaian pelaksanaan kegatan dalam rangka Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
  14. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugas dan melaporkan kepada pimpinan.

Sekretaris

Tugas

  1. Mengarahkan penyusunan rencana program Sekretariat dengan mengarahkan dan memberi petunjuk untuk menyusun rencana kerja.
  2. Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan berdasarkan rencana kerja Sekretariat dan Kebijaksanaan yang ada agar tugas pokok dan fungsi dapat dilaksanakan dengan efektif.
  3. Mendistribusikan tugas kepada Sub Bagian sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya agar kegiatan berjalan sesuai dengan program kerja masing-masing
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Sekretariat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinys untuk sinkronisasi tugas.
  5. Mengendalikan pelaksanaan tugas Sekretariat dengan membimbing, mengarahkan dan mengawasi untuk optimalisasi tugas.
  6. Memfasilitasi kerjasam dengan instansi terkait, Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal serta Pihak Ketiga berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk keberhasilan program kerja.
  7. Melakukan pengawasan dan penilaian kepada pegawai dengan cara memberikan pengarahan dan pembinaan sesuai dengan peraturan/ peoman dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai.
  8. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Sekretariat berdasarkan realisasi tingkat pencapaian pelaksanaan kegiatan untuk menentukan program kegiatan yang akan dating.
  9. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugas dan melaporkan kepada pimpinan.

Sub Bagian

1.      Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

 Tugas

  1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program Sub Bagian Perencanaan Program berdasarkan peraturan yang berlaku sebagai bahan acuan dalam pelaksanaan kegiatan.
  2. Menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan kegiatan berdasarkan program agar kegiatan dapat terlaksanan tepat waktu.
  3. Mendistribusikan tugas kepada pegawai sesuai dengan jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.
  4. Mengawasi dan mengendalikan kegiatan Sub Bagian Perencanaan Program berdasarkan tugas pokok dan fungsi masing-masing untuk optimalisasi tugas.
  5. Mengawasi dan mengendalikan kegiatan pembukuan dan administrasi keuangan dalam rangka tertib administrasi keuangan dalam rangka tertib administrasi keuangan.
  6. Mengawasi dan dan mengarahkan pelaksanaan penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran anggaran berdasarkan peraturan yang berlaku agar tertib administrasi.
  7. Mengontrol kegiatan pemrosesn pengajuan Surat Permintaan Pembayaran Uang Persediaan (UP), Ganti Uang (GU). Tambah Uang (TU), Langsung (LS), Gaji dan Tambahan Penghasilan Pegawai Negeri Sipil serta verifikasi Surat Permintaan Pembayaran dari masing-masing bidang sesuai mekanisme untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  8. Menyiapkan bahan penyusuna Renstra, Renja, RKA, DPA, DIPA, LAKIP sesuai peraturan yang berlaku sebagai acuan kegiatan.
  9. Menyiapkan bahan koordinasi penetapan standar pelayanan minimal UPTD sesuai peraturan perundang-undagan yang berlaku untuk optimalisasi tugas.
  10. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan anggaran, perbendaharaan, verifikasi dan akuntansi keuangan berdasarkan peraturan perundang-undanngan yang berlaku untuk optimalisasi tugas.
  11. Melakukan pembinaan dan penilaian pegawai sesuai peraturan dengan cara memberikan pengarahan sesuai peraturan dan pedoman yang asa dalam rangka untuk meningkatkan kinerja pegawai.
  12. Menyiapkan bahan koordinasi kegiatan perencanaan program dengan instansi terkait beradasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk optimalisasi tugas.
  13. Mengevaluasi dan menyiapkan bahan laoran realisasi anggaran secara periodic berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencaaian program dan permasalahan yang dihadapi serta upaya penyelesaian masalahnya.
  14. Melakasanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya dan melaporkannya kepada pimpinan.

2.      Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Tugas

  1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program Sub Bagian Umum berdasarkan peraturan yang berlaku sebagai bahan acuan dalam pelaksanaan kegiatan.
  2. Menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan kegiatan berdasarkan program agar kegiatan dapat terlaksana tepat waktu.
  3. Mendistribusikan tugas kepada pegawai sesuai dengan jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.
  4. Mengawasi dan mengendalikan kegiatan Sub Bagian Umm berdasarkan peraturan untuk optimalisasi tugas.
  5. Menyiapkan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, perlengkapan, pemelharaan, hokum dan kehumasn serta pengaduan masyarakat sesuai dengan peraturan agar tertib administrasi.
  6. Melakukan pembinaan dan penilaian pegawai sesuai peraturan dengan cara memberikan pengarahan sesuai peraturan dan pedoman yang ada dalam rangka untuk meningkatkan kinerja pegawai.
  7. Menyiapkan bahan koordinasi kegiatan administrasi umum, kepegawaian, perlengkapan, pemeliharaan, hokum dan kehumasan dengan instansi terkait berdasarkan peraturan untuk optimalisasi tugas.
  8. Menyusun dan membuat laporan inventaris barang/asset secara periodik berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk tertib administrasi.
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencapaian program dan permasalahan yang dihadap serta upaya penyelesaian masalahnya.
  10. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya dan melaporkannya kepada pimpinan.

Bidang

1.      Bidang Pajak Daerah

Tugas

  1. Mengarahkan penyusuna rencana program Bidang Pajak Daerah dengan mengarahkan dan memberi petunjuk untuk menyusun rencana kerja.
  2. Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan berdasarkan rencana kerja Bidang Pajak Daerah sesuai tugas pokok dan fungsi agar dapat dilaksanakan dengan efektif.
  3. Mendistribusikan tugas kepada Kepala Seksi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya agar kegiatan berjalan sesuai dengan program kerja masing-masing.
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Bidang Pajak Daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya untuk sinkronisasi tugas.
  5. Mengendalikan pelaksanaan tugas Bidang Pajak Daerah dengan membimbing, mengarahkan dan mengawasi untuk optimalisasi tugas.
  6. Mengkoordinasikan penyusunan bahan perumusan kebijakan PKB dan BBNKB, pajak daerah lainnya, serta pembukuan dan keberatan pajak.
  7. Mengendalikan pelaksanaan penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pegendalian dan pengaturan teknis PKB dan BBNKB dan pengaturan teknis pembukuan.
  8. Melakukan monitoring dan evaluasi Bidang Pajak Daerah di Kabupaten/Kota berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk pencapaian program.
  9. Memfasilitasi kerjasam Bidang Pajak Daerah dengan instansi terkait, Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal serta Pihak Ketiga berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk keberhasilan program kerja.
  10. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya dan melaporkannya kepada pimpinan.

 

2.      Bidang Retribusi dan Pendapatan Lain-lain

Tugas

  1. Menyiapkan bahan penyusuna rencana program Seksi Pendapatan Lain-lain berdasarkan peraturan yang berlaku sebagai bahan acuan.
  2. Menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan kegiatan berdasarkan program agar kegiatan dapat terlaksana tepat waktu.
  3. Mendistribusikan tugas kepada pegawai sesuai dengan jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.
  4. Mengawasi dan mengendalikan kegiatan Seksi Pendapatan Lain-Lain berdasarkan peraturan untuk optimalisasi tugas.
  5. Merumuskan penyiapan bahan analisa dan evaluasi potensi Sumber Pendapatan Lain-lain berdasarkan realisasi pendapatan tahun sebelumnya untuk menyusun rencana penerimaan.
  6. Menyusun rencana kegiatan operasional berdasarkan tugas pokok dan fungsi dalam rangka intensifikasi dan ekstensifikasi pemungutan.
  7. Mengontrol dan memonitor penerimaan Pendapatan Lain-lain berdasarkan data yang masuk untuk disetorkan ke Kas Daerah
  8. Mengoreksi penerimaan Kas Pendapatan Lain-lain Daerah dari Kas Daerah dan Biro Keuangan untuk sinkronisasi dan klasisfikasi penerimaan.
  9. Menyelia pelaksanaan tugas Rekonsiliasi data penerimaan Pendapatan Lain-lain dengan Dinas/Biro/Instansi terkait dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara untuk pencapaian program.
  10. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya dan melaporkannya kepada pimpinan.


Deprecated: wp_make_content_images_responsive is deprecated since version 5.5.0! Use wp_filter_content_tags() instead. in /home/bpprdsta/public_html/wp-includes/functions.php on line 5213